Pengertian SEO

Artikel SEO amat penting bagi bisnis anda di dunia digital ini. Kenapa artikel SEO menjadi penting? Apa manfaat dari artikel yang SEO friendly? Bagaimana cara membuat artikel SEO. Yuk kitabahas tuntas pada artikel kali ini. Sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya anda membaca dulu artikel saya yang berjudul Apa Itu SEO sebagai pondasi awal untuk memahami SEO. Pemilik website personal maupun bisnis atau perusahaan pasti membutuhkan konten berupa artikel untuk menarik perhatian pengunjung. Namun, tentu saja artikel atau tulisan tersebut harus berkualitas dan sesuai dengan kaidah atau aturan tertentu seperti SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu trik paling ampuh untuk menaikkan rating website dan membuatnya dikenal lebih luas. Dengan kata lain, membuat dan menulis artikel ramah SEO akan lebih mudah masuk ke halaman satu mesin pencarian seperti Google. Dengan begitu, akan lebih banyak lagi pengguna internet berkunjung dan membaca konten di website Anda. Seperti yang Kita ketahui, banyak orang yang malas untuk klik tombol next menuju ke halaman pencarian kedua dan selanjutnya. Hal ini karena di halaman pertama hasil pencarian Google saja sudah banyak website yang muncul. Lalu bagaimana jika Anda adalah seorang pemilik website? Pasti website Anda akan lebih sepi pengunjung jika tidak mampu sampai ke halaman satu mesin pencari. Oleh karena itu, artikel SEO friendly atau ramah SEO sangat dibutuhkan untuk membuat website naik peringkat dan banyak diklik pengunjung. Pengertian Artikel SEO Friendly Banyak orang mengatakan bahwa rutin menulis artikel akan membuat website lebih dikenal banyak orang. Namun, teori tersebut tidak semudah itu bisa dilakukan oleh semua orang. Pada kenyataannya, masih banyak website yang sepi pengunjung meskipun sudah update artikel setiap harinya. Untuk itulah anda harus memahami apa itu artikel SEO. Artikel SEO adalah artikel yang dibuat dengan kaidah penulisan artikel yang baik serta sesuai dengan teknik Search Engine Optimization. Projasaweb Jadi, menulis artikel di website tak hanya memperhatikan selera pembaca, tetapi juga harus disukai mesin pencari. Mesin pencari seperti Google biasanya memiliki skema unik untuk memilih artikel spesial yang akan mereka munculkan di halaman 1. Selain itu, algoritme Google juga selalu berubah-ubah dalam kurun waktu tertentu. Jadi, Anda sebagai penulis artikel website juga harus kreatif membuat tulisan yang unik dan segar. Manfaat Artikel SEO Artikel ramah SEO sering digunakan untuk website bisnis demi menunjang pemasaran bisnis mereka. Namun, saat ini sudah banyak website lain yang ingin menuju halaman 1 Google untuk menarik perhatian pengunjung. Begitu banyaknya website yang tertarik untuk membuat artikel ramah SEO, apa sih manfaat yang akan mereka dapatkan? Nah, berikut ini beberapa poin tentang manfaat menulis artikel yang ramah SEO, antara lain : Meningkatkan Kunjungan Ketika sebuah website memiliki banyak artikel SEO yang berkualitas, maka pengaturan SEO secara keseluruhan akan lebih mudah. Dengan begitu, akan lebih banyak pula yang berkunjung ke website tersebut. Jika website tersebut ramai dikunjungi, artinya keberadaan website sudah diketahui banyak orang dan bisa menjadi acuan untuk mencari informasi. Brand Awareness Manfaat artikel SEO selanjutnya adalah untuk meningkatkan brand awareness yang tentunya memberikan keuntungan banyak bagi Anda. Artikel SEO dapat secara langsung mempromosikan Anda atau brand dari perusahaan Anda, sehingga akan banyak orang baru yang mengetahui dan mengenal brand tersebut. Semakin banyak orang yang mengetahui dan mengenal, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan. Meningkatkan Kepercayaan Calon Pembeli Dengan meluasnya keberadaan website tersebut, maka akan menambah popularitas dan kredibilitasnya. Pengunjung baru tentu akan lebih percaya dengan website yang banyak dikunjungi daripada yang sepi pengunjung. Jadi, secara tidak langsung, website yang sudah banyak dikunjungi akan lebih dipercaya oleh masyarakat. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menawarkan produk atau jasa melalui website tersebut. Seperti yang dijelaskan di atas, kepercayaan pengguna internet juga dipengaruhi oleh seberapa banyak pengunjung di sebuah website bisnis. Calon pembeli/pelanggan akan lebih percaya dengan website yang sudah populer dan banyak dikunjungi, sehingga mereka pun tertarik untuk membeli produk/jasanya. Bagi pembeli/pelanggan lama, akan lebih yakin dan loyal menggunakan produk dari website yang semakin populer. Cara Menulis Artikel SEO Friendly Menulis artikel saja tidak mudah bagi yang belum terbiasa, apalagi membuat artikel yang ramah SEO. Mungkin itu yang dirasakan oleh sebagian orang karena dilema dan takut artikel yang ditulisnya tidak bisa dijangkau oleh pengunjung/pembaca. Namun, Anda tidak perlu khawatir dan cobalah untuk melakukan beberapa tips berikut ini untuk menjadi penulis andal, antar lain: Cara jitu untuk membuat tulisan yang bagus tentu saja dengan terus menulis dan menulis hingga Anda menjadi terbiasa. Semakin mudah Anda menghasilkan tulisan, itu artinya Anda sudah semakin jago atau ahli dalam menulis artikel. Dengan rutin menulis artikel, maka Anda akan terus melatih kemampuan menulis hingga berhasil menulis artikel yang bagus, relevan dan berkualitas. Menulis artikel di media cetak dengan media online tidak bisa disamakan, artikel online tulisannya harus lebih padat dan berisi. Untuk penyusunan paragraf yang baik sebaiknya tidak lebih dari 5 baris dan paling sedikit 3 baris. Baris paragraf yang terlalu panjang membuat pembaca mudah bosan dan akhirnya tidak melanjutkan bacaannya. Sedangkan dalam satu kalimat sebaiknya maksimal terdiri dari 20 kata agar tidak terlau panjang dan bertele-tele. Jika terlalu panjang, maka bisa saja pembaca menjadi tidak paham dengan maksud kalimat tersebut. Jadi, usahakan membuat kalimat yang singkat, jelas dan padat agar inti kalimatnya mudah dipahami. Setelah itu, barulah Anda bisa mengevaluasi tulisan tersebut dengan memperlakukan diri Anda sebagai pembaca atau pengunjung blog/website. Bayangkan, jika Anda adalah mengunjung website, apakah artikel tersebut sudah cukup menarik untuk dibaca atau justru membosankan dan tidak informatif? Jika demikian, maka latih ulang kemampuan menulis Anda dan jangan berputus asa. Jika Anda sudah berhasil memuaskan diri Anda sendiri dalam sebuah tulisan atau artikel, maka lakukan evaluasi lanjutan. Kali ini, evaluasi bisa dilakukan oleh orang lain seperti keluarga atau teman dekat Anda. Mintalah mereka untuk membaca hasil karya atau tulisan Anda dan memberi komentar secara jujur. Dari evaluasi ini Anda akan mendapatkan banyak kritik, saran dan pendapat yang berbeda dari beberapa orang. Dengan begitu, Anda akan memiliki lebih banyak sudut pandang dalam menulis artikel sehingga bisa meningkatkan kualitas artikel itu sendiri. Ketika menulis bukan menjadi masalah atau sudah mahir, Anda bisa mulai melakukan kombinasi artikel yang ramah SEO. Ketahuilah bahwa experience atau kepuasan pembaca tetap nomor satu, jadi buatlah artikel yang ramah SEO namun tetap nyaman dibaca. Untuk itu, Anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini. Siapkan Keyword, Judul dan URL Jika ingin membuat artikel yang disukai oleh mesin pencari, Anda harus pandai mencari keyword dan judul yang tepat. Ketiga komponen ini sangat berpengaruh dalam menaikkan peringkat di mesin pencari. Hal ini karena pengguna internet akan melakukan pencarian menggunakan kata kunci atau keyword. Jadi, keyword harus diletakkan di banyak tempat. Nah, selanjutnya mari Kita bahas satu per satu tentang pemilihan kata kunci alias keyword, judul dan URL, antara lain: Keyword adalah kata kunci yang akan diketik oleh pengguna internet untuk mencari informasi yang mereka butuhkan di kolom pencarian Google. Menentukan keyword tak boleh sembarangan dan perlu research untuk melihat mana yang paling disukai dan tidak terlalu banyak digunakan. Anda pun bisa menggunakan aplikasi atau situs khusus untuk mencari keyword yang tepat, atau memanfaatkan kolom pencari Google. Dalam menentukan keyword, sebelumnya Anda juga harus tahu dulu siapa target atau audience yang akan menjadi pembaca blog/website Anda. Dengan begitu, Anda akan tahu apa saja tema atau konten yang mungkin menarik bagi mereka dan akan mereka cari. Setiap website atau blog biasanya memiliki target audience yang berbeda-beda tergantung jenis dan tujuan website itu sendiri. Sedangkan teknik penempatan keyword bisa disebar secara merata dan tidak terlalu berdekatan. Selain itu, jumlah keyword atau keyword density juga perlu diperhatikan, paling optimal antara 1 hingga 1,5 persen. Tak hanya itu, penambahan keyword turunan dan sinonim juga membuat artikel lebih sering muncul di mesin pencari. Jika sudah menentukan keyword, Anda bisa mulai membuat judul yang dapat menarik perhatian calon pengunjung website. Sayangnya, beberapa website justru membuat judul clickbait yang sangat merugikan pembaca. Mereka sengaja membuat judul dengan tema populer dan membuat penasaran, namun isinya tidak sesuai dengan judulnya. Judul yang seperti itu sebaiknya dihindari karena akan membuat website Anda turun pamor atau tidak disukai oleh pengunjung. Dalam membuat judul, Anda juga perlu menyematkan kata kunci atau keyword di dalamnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membuat mesin pencari Google lebih mudah menemukan tulisan/artikel yang Anda buat. Dalam membuat judul, Anda juga perlu memastikan judul tersebut unik dan belum pernah dipakai oleh website lainnya. Untuk itu, cobalah memanfaatkan situs preview untuk melihat seberapa tepat judul yang Anda buat, misalnya menggunakan Spotibo. Ada banyak sekali platform yang bisa membantu Anda melihat keunikan judul, jumlah kata sudah pas atau kepanjangan dan lain sebagainya. Apa itu URL? URL atau Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter dengan format tertentu yang menunjukkan alamat website, artikel atau konten tertentu. URL ini lokasinya berada di atas halaman website atau yang disebut dengan kolom URL. Alamat URL biasanya diawali dengan ‘http’ atau ‘https’. Meski sudah otomatis dengan format tertentu, Anda juga bisa mengedit URL ini menjadi versi Anda sendiri. Banyak yang melakukan editing pada URL untuk membuatnya lebih unik dan disesuaikan dengan selera masing-masing. Padahal, merangkai URL juga sangat berpengaruh pada peningkatan peringkat di mesin pencari. Oleh karena itu, edit URL Anda dengan menyematkan kata kunci atau keyword di dalamnya agar mudah dibawa oleh mesin pencari. URL juga dibuat singkat saja, tidak perlu terlalu panjang karena lebih mudah diingat pengunjung jika URL nya singkat dan padat. Tak hanya disematkan pada judul dan URL, Anda juga bisa membubuhkan keyword pada meta deskripsi. Meta deskripsi adalah kalimat singkat yang muncul di bawah baris judul pada tampilan hasil pencarian Google. Biasanya, meta deskripsi dengan kata kunci lebih mudah muncul di halaman pertama Google. Membuat meta deskripsi juga tidak boleh asal, pastikan kalimat itu informatif mengenai konten atau artikel itu sendiri. Keunikan dan jumlah kata yang pas untuk meta deskripsi juga bisa dicek melalui tools, seperti judul. Selain itu, bisa juga diisi dengan kalimat informasi yang menarik agar calon pembaca penasaran dan mengunjungi website Anda. Keberadaan keyword ini memang sangat penting agar lebih mudah terbaca oleh mesin pencari dan akhirnya bisa muncul di halaman pertama. Itulah mengapa keyword sering diulang-ulang dalam tulisan. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam mengulang keyword, karena tidak semua keyword bisa diulang sebanyak mungkin. Beberapa keyword yang terlalu banyak diulang dalam tulisan justru membuat tulisan Anda terlihat tidak berkualitas dan akhirnya pengunjung malas membacanya. Ingat, kepuasan pengunjung tetap nomor satu dan kenyamanan mereka dalam membaca tulisan/artikel adalah tujuan utamanya.
Pengertian SEO Pengertian SEO Reviewed by Aldiangga on Desember 16, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.